Tentang Kami

Peta Caves-ID merupakan kumpulan sebaran lokasi potensi karst di Indonesia. Data ini untuk kepentingan pendidikan dan perlindungan kawasan karst. Kami percaya bahwa data ini bisa menjadi bahan edukasi bagi masyarakat secara luas dan menjadi bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan untuk pengelolaan kawasan karst yang lestari dan berkelanjutan.

Data-data di Peta Caves-ID dari berbagai pihak, baik lembaga maupun perseorangan. Mereka telah melakukan survei/penelitian, dan menyebarkan hasil kegiatan mereka kepada masyarakat luas melalui media ini. Peta Caves-ID semata-mata sebagai tempat penyebaran data dan informasi karst di Indonesia, pemegang hak cipta tetap melekat pada masing-masing pemilik data. Penggunaan data harus seijin pemilik data. Anda bisa langsung menghubungi pemilik (sumber) data yang kami sertakan setiap halaman data.

Tujuan Utama Peta Caves-ID adalah:
1. Mengelola data sebaran karst di Indonesia dengan baik, sebagai tempat penyebaran data dan informasi karst di Indonesia yang mudah diakses.
2. Meminimalkan duplikasi kegiatan survei atau penelitian yang sama pada lokasi yang sama.

Tim Kerja Penyusunan Data Informasi Gua dan Karst Indonesia

Koordinator: Dr. Cahyo Rahmadi (LIPI)
Kesekretariatan: A.B. Rodhial Falah (ASC)
Tim Teknis: Imron Fauzi (Subterra), Syahrul (Mapa Gunadarma), Thomas Suryono* (ASC)
Tim Konten: Asti (Lawalata IPB), Sunu Widjanarko* (ASC), Herdavi (Lawalata IPB), Daru Adianto*

Sangkalan
Situs ini, meskipun mungkin berisi informasi rinci tentang gua, tidak dirancang untuk memfasilitasi kunjungan bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian penelusuran gua. Bahaya tidak selalu dilaporkan dan informasi yang disebutkan tidak selalau diverifikasi.

Kegiatan penelusuran gua adalah disiplin dengan banyak sisi: budaya, ilmu pengetahuan dan olahraga. Dalam kapasitas yang terakhir, memerlukan komitmen fisik yang bugar. Hal ini juga tidak bebas dari risiko, bahkan risiko utama. Risiko ini, jika tidak dapat sepenuhnya dihilangkan, setidaknya harus dikurangi dengan praktek dalam aturan, praktik yang sepenuhnya dipahami ketika berada di dalam organisasi atau klub caving.

Dalam setiap kasus, Caves-ID dan tim tidak bertanggung jawab terhadap praktik buruk penelusuran gua.

Para pemula yang akan terlibat dalam eksplorasi bawah tanah disarankan untuk menghubungi klub caving terdekat.

Penelusur gua wajib menjunjung tinggi ETIKA dan KEWAJIBAN kegiatan penelusuran gua agar lingkungan tidak rusak, agar para penelusur sadar akan bahaya-bahaya kegiatan ini dan mampu mencegah terjadinya musibah dan agar si penelusur sadar akan kewajibannya terhadap sesama penelusur dan masyarakat disekitar lokasi gua-gua. 

Kontak kami:
Alamat surel: tukang [@] caves . or.id
Twitter: @isspeleo